RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan
Pendidikan : SMK
Mata
Pelajaran : Sejarah
Indonesia
Kelas/Semester : 1 (satu)
Materi
Pokok/Topik : Tipologi
hasil budaya Praaksara zaman Neolithikum
Alokasi
Waktu : 1 x
pertemuan (2 x 45 menit)
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun, ramah lingkungan,
gotong royong, kerjasama, toleran, damai, responsif, dan proaktif) dan
menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami
dna menerapkan pengetahuan factual, konseptual dan procedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebnagsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan procedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah,
menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya disekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.1 Menghayati
keteladanan para pemimpin dalam mengamalkan ajaran agamanya
2.1 Menunjukkan
sikap tanggung jawab, peduli terhadap berbagai hasil budaya pada zaman
praaksara, Hindu-Buddha dan Islam
3.4 Menganalisis
berdasarkan tipologi hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat
Indikator :
3.4.1
Menjelaskan jalur penyebaran kebudayaan Kapak
Persegi dan Kapak Lonjong
3.4.2
Menjelaskan ciri-ciri zaman Neolithikum
3.4.3
Menganalisis kebudayaan yang penting
pada zaman Neolithikum
3.4.4
Menganalisis hasil budaya material dan
immaterial pada zaman Neolithikum
4.4 Menalar
informasi mengenai hasil budaya praaksara Indonesia termasuk yang berada di
lingkungan terdekat dan menyajikannya dalam bentuk tertulis
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan memperlihatkan tayangan, siswa
dapat menjelaskan jalur penyebaran kebudayaan Kapak Persegi dan Kapak Lonjong
2.
Melalui diskusi, siswa dapat menjelaskan
ciri-ciri zaman Neolithikum
3.
Melalui diskusi dan kerja kelompok,
siswa dapat menganalisis kebudayaan yang penting pada zaman Neolithikum
4.
Melalui diskusi dan kerja kelompok,
siswa dapat menaganalisis hasil budaya material dan immaterial pada zaman
Neolithikum
5.
Melalui diskusi dan kerja kelompok,
siswa dapat menyusun karya tulis sejarah yang berjudul “Revolusi Besar Dalam
Peradaban Manusia”.
D. Materi
Pembelajaran
1.
Jalur penyebaran kebudayaan Kapak
Persegi dan Kapak Lonjong
2.
Ciri-ciri zaman Mesolithikum
3.
Kebudayaan yang penting pada zaman Neolithikum
4.
Hasil budaya material dan immaterial
pada zaman Neolithikum
5.
Sistematika tulisan tentang “Revolusi
Besar Dalam Peradaban Manusia”
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Saintifik
Model
pembelajaran : Problem Based Learning
(PBL)
F. Media,
alat, dan sumber belajar
1. Gambar : Jalur penyebaran kebudayaan Kapak
Persegi dan Kapak Lonjong
2. Alat/bahan : Globe, atlas, laptop, LCD monitor
3. Sumber
Belajar : Buku Sejarah Indonesia
kelas X (kemendikbud) serta buku-buku yang relevan.
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
Kegiatan
|
Deskripsi
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru meminta salah satu murid
memimpin doa
|
|
-
Guru mempersiapkan kelas lebih
kondusif dan siap belajar.
|
||
-
Menjelaskan tujuan pembelajaran
|
||
-
Guru menyampaikan topic “Revolusi
Besar Dalam Peradaban Manusia”
|
||
-
Guru membagi siswa ke dalam
kelompok kecil 4-5 orang, menjadi kelompok I, II, III, IV, V, VI, VII dan
VIII
|
||
Inti
|
|
|
Mengamati :
-
Siswa diminta untuk mengamati
gambar tersebut
|
||
Menanya :
-
Guru mendorong siswa untuk
bertanya hal-hal terkait dengan gambar yang ditayangkan
|
||
-
Guru kembali menegaskan topic
pembelajaran yang akan dibahas
|
||
-
Guru menegaskan model
pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan model problem based learning
|
||
Mengeksplorasi dan mengasosiasi :
·
Guru memberikan pengantar singkat,
missalnya menjelaskan Jaman hidup baru, berlangsung sejak kira-kira 60 juta
tahun yang lalu sampai kini. Kebudayaan neolithikum adalah kebudayaan pertama
kali yang bisa dikatakan tersebar diseluruh kepulauan Indonesia. Kebudayaan
neolithikum itu adalah suatu revolusi yang sangat besar dalam peradaban
manusia. Pada jaman ini dikenal kepandaian akan mengasah. Bahkan banyak
alat-alat itu diupam sehingga indah sekali dan merupakn betul-betul hasil
seni yang bernilai tinggi. Selain itu, masyarakatnya pun sudah bertempat
tinggal tetap dan bercocok tanam. Menurut alat-alatnya yang ditemukan dan
yang menjadi corak khusus, neolithikum Indonesia dapat dibagi menjadi dua
golongan besar,
ü kebudayaan
kapak persegi
ü kebudayaan
kapak lonjong
Hasil
budaya pada zaman itu tidak hanya berupa alat akan tetapi juga berupa cara
hidup manusia pada zaman itu, antara lain dalam bidang ekonomi, social, dan
kesenian.
|
||
-
Setiap kelompok mendapatkan tugas
melakukan eksplorasi/mengumpulkan informasi dan mengasosiasi melalui diskusi
kelompok untuk mengasosiasikan fakta-fakta ynag berhasil ditemukan dan
dirumuskan :
·
Kelompok 1 dan 2 bertugas
mendiskusikan dan merumuskan materi tentang asal usul penyebaran alat pada
zaman Neolithikum
·
Kelompok 3 dan 4 berdiskusi dan
merumuskan tentang ciri-ciri zaman Neolithikum
·
Kelompok 5 dan 6 mendiskusikan
dan merumuskan tentang kebudayaan penting pada zaman Neolithikum
·
Kelompok 7 dan 8 mendiskusikan
dan merumuskan tentang hasil budaya material dan immaterial pada zaman Neolithikum
|
||
Mengkomunikasikan :
-
Presentasi hasil kelompok
(masing-masing kelompok) dalam rangka mengkomunikasikan hasil karya kelompok,
dan di tanggapi oleh kelompok lain.
|
||
Penutup
|
-
Klasifikasi/kesimpulan siswa
dibantu oleh guru menyampaikan materi tentang “Revolusi Besar Dalam Peradaban
Manusia” sebagai gambaran dari adanya zaman batu muda di Indonesia
|
|
-
Siswa melakukan refleksi tentang
pelaksanaan pembelajaran dalam pelajaran apa yang diperoleh telah belajar
tentang topic pembelajaran “Tipologi hasil budaya Praaksara zaman Neolithikum”
|
||
-
Guru sekali lagi menegaskan agar
para siswa tetap bersyukur kepada Tuhan Yang Maaha Esa yang telah memberikan
kecerdasan kepada manusia purba zaman Neolithikum sehingga dapat menghasilkan
beberapa kebudayaan dengan setiap kebudayaan menghasilkan berbagai macam alat.
Dengan kecerdasan yang dimiliki manusia pada zaman itu membuat peradaban
manusia pada zaman itu telah mengalami suatu revolusi.
|
||
-
Guru melakukan evaluasi untuk
mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran, misalnya dengan mengajukan
pertanyaan :
1) Apa
sajakah hasil kebudayaan material pada zaman Neolithikum ?
2) Apa
sajakah hasil kebudayaan immaterial pada zaman Neolithikum?
3) Bagaimana
ciri-ciri zaman Neolithikum?
4) Bagaimanakah
penyebaran hasil budaya material pada zaman Mesolithikum?
5) Bagaimana
kebudayaan Kapak Persegi dan Kapak Lonjong pada zaman Neolithikum?
|
||
Tugas
:
1.
Siapkan peta jalur penyebaran
kebudayaan kemudian dengan peta itu ditunjukkan dengan gambar garis-garis
yang menunjukkan tempat persebaran alat/hasil budaya material pada zaman Neolithikum
di Indonesia sehingga pada zaman itu terdapat kebudayaan Kapak Persegi dan
Kapak Lonjong. Jangan lupa bedakan (warna atau bentuk) garis untuk
masing-masing alat/hasil budaya materialnya.
|
||
2.
Siswa diberi tugas untuk membuat
laporan atau karya tulis tentang “Revolusi Besar Dalam Peradaban Manusia”
|
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Penilaian
dilakukan menggunakan penilaian otentik yang meliputi penilaian sikap,
pengetahuan dan keterampilan. Format penilaian sebagai berikut:
1. Penilaian
Sikap
No
|
Nama
|
Sikap Spiritual
|
Sikap Sosial
|
Skor Total
|
||
Mensyukuri
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Harga Diri
|
|||
1 - 4
|
1 – 4
|
1 – 4
|
1 - 4
|
|||
1.
|
Vina
|
|||||
2.
|
Lala
|
|||||
3.
|
Siska
|
|||||
4.
|
Wahyu
|
|||||
5.
|
Muhas
|
Keterangan :
a. Sikap
Spiritual
Indicator sikap
spiritual “mensyukuri” :
1) Berdoa
sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran
2) Memberi
salam pada waktu awal dan akhir presentasi sesuai agama yang dianut
3) Saling
menghormati, toleransi
4) Memelihara
hubungan baik dengan sesama teman
Rubrik
pemberian skor :
-
4 =
Jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-
3 =
Jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
-
2 =
Jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
-
1 =
Jika siswa melakukan 1 (satu) kegiatan tersebut
b. Sikap
Sosial
1) Sikap
jujur
Indikator sikap social
“jujur” :
a) Tidak
berbohong
b) Mengembalikan
kepada yang berhak bila menemukan sesuatu
c) Tidak
menyontek, tidak plagiarisme
d) Ters
terang
Rubric
pemberian skor :
-
4 =
Jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-
3 =
Jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
-
2 =
Jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
-
1 =
Jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut
2) Sikap
kerjasama
Indicator sikap social
“kerjasama” :
a) Peduli
kepada sesama
b) Saling
membantu dalam hal kebaikan
c) Saling
mneghargai / toleran
d) Ramah
dengan sesama
Rubric
pemberian skor :
-
4 =
Jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-
3 =
Jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
-
2 =
Jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
-
1 =
Jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut
3) Sikap
harga diri
Indicator sikap social
“harga diri” :
a) Tidak
suka dengan dominasi asing
b) Bersikap
sopan untuk menegur bagi mereka yang mengejek
c) Cinta
produk negeri sendiri
d) Menghargai
dna menjaga karya-karya sekolah dan masyarakat sendiri
Rubric
pemberian skor :
-
4 =
Jika siswa melakukan 4 (empat) kegiatan tersebut
-
3 =
Jika siswa melakukan 3 (tiga) kegiatan tersebut
-
2 =
Jika siswa melakukan 2 (dua) kegiatan tersebut
-
1 =
Jika siswa melakukan salah satu kegiatan tersebut
2. Penilaian
Pengetahuan
No.
|
Butir Instrumen
|
1.
|
Sebutkan
hasil kebudayaan material pada zaman Neolithikum beserta tempat ditemukannya
!
|
2.
|
Bagaimanakah
ciri-ciri dari hasil kebudayaan material pada zaman Neolithikum ?
|
3.
|
Jelaskan
hasil kebudayaan immaterial pada zaman Neolithikum !
|
4.
|
Bagaimanakah ciri-ciri
zaman Neolithikum ?
|
5.
|
Jelaskan
hasil kebudayaan material pada zaman Mesolithikum berdasarkan jalur
penyebaran kebudayaan Kapak Persegi dan Kapak Lonjong !
|
Nilai = jumlah skor
3. Penilaian
Keterampilan
Penilaian untuk kegiatan mengamati gambar penyebaran
kebudayaan Kapak Persegi dan Kapak Lonjong.
No.
|
Nama
|
Relevansi
|
Kelengkapan
|
Kebahasaan
|
Jumlah
|
1 - 4
|
1 - 4
|
1 - 4
|
|||
1.
|
Vina
|
||||
2.
|
Lala
|
||||
3.
|
Siska
|
||||
4.
|
Wahyu
|
||||
5.
|
Muhas
|
Nilai = jumlah skor dibagi 3
Keterangan
:
a. Kegiatan
mengamati dalam hal ini dipahami sebagai cara siswa mengumpulkan factual dengan
memanfaatkan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap, dan peraba. Maka
secara keseluruhan yang dinilai adalah hasil pengamatan (berupa informasi)
Cara mengamati :
1) Relevansi,
kelengkapan, dan kebahasaan diperlakukan sebagai indicator penilaian kegiatan
mengamati
2) Relevansi
merujuk pada ketepatan atau keterhubungan fakta yang diamati dengan informasi
yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kompetensi Dasar / Tujuan Pembelajaran
(TP)
3) Kelengkapan
dalam arti semakin banyak komponen fakta yang terliput atau semakin sedikit
sisa (residu) fakta yang tertinggal
4) Kebahasaan
menunjukkan bagaimana siswa mendeskripsikan fakta-fakta dikumpulkan dalam bahasa
tulis yang efektif (tata kata atau tata kalimat yang benar dan mudah dipahami)
b. Skor
terentang antara 1 – 4 :
-
1 =
kurang
-
2 =
cukup
-
3 =
baik
-
4 =
amat baik
4. Penilaian
untuk Kegiatan Diskusi Kelompok
No.
|
Nama
|
Mengkomunikasikan
|
Mendengar
|
Berargumen
|
Berkontribusi
|
Jumlah
Skor
|
1
– 4
|
1
- 4
|
1
– 4
|
1
– 4
|
|||
1.
|
Vina
|
|||||
2.
|
Lala
|
|||||
3.
|
Siska
|
|||||
4.
|
Wahyu
|
|||||
5.
|
Muhas
|
Nilai = jumlah skor dibagi 3
Keterangan :
a. Keteranpilan
mengkomunikasikan adalah kemampuan siswa untuk mengungkapkan atau menyampaikan
idea tau gagasan dengan bahasa lisan yang efektif
b. Keterampilan
mendengarkan dipahami sebagai kemampuan siswa untuk tidak menyela, memotong
atau menginterupsi pembicaraan seseorang ketika sedang mengungkapkan
gagasannya.
c. Kemampuan
berargumentasi menunjukkan kemampuan siswa dalam mengemukakan argumentasi logis
ketika ada pihak yang bertanya atau mempertanyakan gagasannya.
d. Kemampuan
berkontribusi dimaksudkan sebagai kemampuan siswa memberikan gagasan –gagasan
yang mendukung atau mengarah ke penarikan kesimpulan termasuk didalamnya
menghargai perbedaan pendapat.
e. Skor
terentang antara 1 – 4 :
-
1 =
kurang
-
2 =
cukup
-
3 =
baik
-
4 =
amat baik
5. Penilaian
Presentasi
No.
|
Nama
|
Menjelaskan
|
Memvisualkan
|
Merespon
|
Jumlah
Skor
|
1
- 4
|
1
- 4
|
1
- 4
|
|||
1.
|
Vina
|
||||
2.
|
Lala
|
||||
3.
|
Siska
|
||||
4.
|
Wahyu
|
||||
5.
|
Muhas
|
Nilai = Jumlah skor dibagi 3
Keterangan :
a. Keterampilan
menjelaskan adalah kemampuan menyampaikan hasil observasi dan diskusi secara
meyakinkan
b. Keterampilan
memvisualkan berkaitan dengan kemampuan siswa untuk membuat atau mengemas
informasi seunik mungkin, semenarik, atau sekreatif mungkin
c. Keterampilan
merespon adalah kemampuan siswa menyampaikan tanggapan atas pertanyaan,
bantahan, sanggahan dari pihak lain secara empatik.
d. Skor
terentang antara 1 – 4 :
-
1 =
kurang
-
2 =
cukup
-
3 =
baik
-
4 =
amat baik
6. Sumber
Belajar :
·
Buku sumber Sejarah SMA/SMK X
ü Djoened,
Poesponegoro, Marwati, dan Nugroho Notosusanto. 1993. Sejarah Nasional Indonesia I. Jakarta : Balai Pustaka
ü Soekmono.
2004. Pengantar Sejarah Kebudayaan
Indonesia 1. Yogyakarta : KANISUS
ü White
board / papan flannel
ü Power
point
ü LCD
ü Internet
ü Kartu
Pembelajaran
ü Peta
Sejarah
Mengetahui 25
Oktober, 2014
Kepala
SMA Negeri 2 Jember Guru
Mata Pelajaran
Drs.
Sukantomo, M.Si Rusdah
Binta Qur-aniyah,S.Pd
NIP.
19571707 198403 1 010 NIM.
120210302032
Tidak ada komentar:
Posting Komentar